Kota Malang (MAN 2) — Pada hari Selasa (20/02/24) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang menerima kunjungan tamu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 7 Jombang. Rombongan terdiri dari Kepala Madrasah Dr. Hj. Sa’adatul Athiyah, 4 Guru pendamping dan 14 peserta didik MAN 7 Jombang.

Kunjungan tamu tersebut diterima langsung Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd didampingi Wakahumas MAN 2 Kota Malang Miftachul Ula, M. Ag dan Tim Humas di Auditorium Gedung Sains Terpadu lantai IV MAN 2 Kota Malang. Maksud dan tujuan kunjungan tersebut untuk melihat dari dekat Program Unggulan Madrasah dan Proses Prestasi karya ilmiah yang selama ini sudah diraih MAN 2 Kota Malang selama ini.

Dalam sambutanya, Hj. Sa’adatul Athiyah, selaku Kepala MAN 7 Jombang menyampaikan bahwa kunjungan beserta rombongannya adalah dalam rangka silaturahmi untuk melihat dari dekat proses prestasi peserta didik MAN 2 Kota Malang khususnya dibidang literasi dan lainya.

” Tujuan kunjungan silaturahmi kami yakni untuk bisa melihat dari dekat program unggulan literasi dan proses prestasi MAN 2 Kota Malang yang sudah kita ketahui lewat event yang diadakan Kementerian selalu mendominasi, semoga dengan kunjungan ini dapat kita ketahui proses strateginya untuk kami bawa sebagai masukan dan InsyaAllah membawa manfaat untuk di terapkan di Madrasah kami untuk sama-sama berprestasi. ” Ucap Ning Athiyah panggilan akrabnya.

Sementara itu sambutan selamat datang dari H. Samsudin Kepala Madrasah menyampaikan secara umum bahwa MAN 2 Kota Malang sebagai salahsatu Madrasah Akademik sebagai motivasi dalam meraih prestasi Literasi dan lainya yang selama ini diraih melalui proses yang panjang dan hal ini diperlukan kerjasama dan kerjakeras semua pihak.

“Alhamdulillah MAN 2 Kota Malang selama ini telah meraih prestasi yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek seperti Myres, OSN, OPSI dan KSM, Robotik dan lainya yang diadakan oleh Kemenag selama ini tidak lepas dari inovasi strategi yang di rancang oleh program Madrasah mulai dari seleksi penerimaan peserta didik baru, kemudian melaksanakan pendampingan program unggulan dan inovasi pembelajaran di dalam maupun diluar kelas dengan penanganan secara baik dan serius.” Ucap Kamad.

Menurut Kamad beberapa inovasi strategi kegiatan Riset atau karya ilmiah yang telah dilakukan oleh Tim Akademik dalam mengelolah dan mendukung program unggulan madrasah telah menghasilkan prestasi sampai dengan Studi lanjut peserta didik di perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut tidak lepas dari peran Kolaborasi yang baik dari seluruh GTK dan kerjasama Komite yang baik selama ini.

” Dalam proses prestasi dibidang literasi melalui riset selama ini tidak lepas dari dukungan program unggulan Madrasah INSAN PRO, sehingga peserta didik MAN 2 Kota Malang selama ini tidak lepas dari optimalisasi suport peran GTK Madrasah dan Komite Madrasah, dengan ikhtiar tersebut dapat menghasilkan capain banyak prestasi yang diraih anak-anak seperti Myres , OPSI dan lainya. Dengan prestasi tersebut anak-anak dapat mudah studi lanjut di perguruan tinggi dalam negeri dan berbagai negara selama ini, maka dari itu madrasah telah , menyiapkan sejak seleksi peserta didik baru dan pendampingan yang intensif dari guru dan alumni serta suport dari Komite Madrasah.” Jelasnya.

Usai ceremon acara, dilanjut paparan materi Riset disampaikan Tim Olimpiade dan Riset Aang Zainul Abidin, M.Pd. mewakili ketua tim akademik. ” Alhamdulillah prestasi riset dimulai dengan input perekrutan jalur prestasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan segala pendukung dan pendampingan secara tersistem dan terprogram yang dikemas dalam program unggulan INSAN PRO.” Jelasnya.
Lanjut Pak Aang panggilan akrab dikelas, menyampaikan bahwa awal prestasi yang sudah diraih selama ini melalui pendampingan peserta didik Internalisasi Ke Islaman dan Sains, Pemberdayaan Alumni dan Champions Patnership yang berkolaborasi dengan Kemahadan.

Kemudian menurutnya, dalam menghadapi kompetisi dan perlombaan perlu ada strategi yang disiapkan dengan baik melalui karantina dengan pendampingan guru dan pelatih dari alumni yang berprestasi. “Dalam meraih prestasi Olimpiade dan riset selama ini tidak lepas dari suport penuh Kepala Madrasah dan tentunya juga Komite Madrasah, dan pendampingan dari para alumni yang berprestasi melalui karantina.” Tambahnya.

Ia juga menyampaikan pembinaan yang rutin dan tersistem dengan baik akan menambah kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi setiap event. “Alhamdulillah pendampingan dan pembinaan mata pelajaran dan spiritual yang rutin dan tersistem selama ini dilakukan dengan baik, untuk menambah kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi setiap perlombaan dan menambah kesuksesan dalam karirnya.” Pungkasnya.

Dalam sesi terakhir dilakukan tanya jawab yang disampaikan peserta didik MAN 7 Jombang seputar proses materi dan pendampingan yang selama ini dilakukan peserta didik MAN 2 Kota Malang. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait